breaking news New

Wisata di Pulau Bintan yang Paling Keren

Jika kalian ingin berlibur ke Bintan, namun masih sedikit merasa bingung, maka ada beberapa lokasi wisata di Bintan yang bisa menjadi pilihan liburan kalian. Beberapa destinasi wisata yang pastinya bisa memberikan pengalaman tersendiri dan tak terlupakan. Beberapa destinasi tersebut seperti.

1. Pulau Penyengat
Wisata di Pulau Bintan yang pertama akan kita bahas adalah sebuah situs budaya yang cukup terkenal. Sebagai salah satu destinasi wisata budaya di Indonesia, kawasan pulau penyengat memang memiliki sejarah budaya yang cukup kental. Disini kalian bisa menemukan Masjid Raya Sultan Riau. Masjid inilah yang menjadi situs budaya penting yang ada di kawasan Pulau Penyengat.

Keberadaan masjid yang satu ini merupakan salah satu bukti dari keberadaan jejak Kesultanan Riau-Lingga di Pulau Penyengat. Selain itu masjid yang satu ini juga memiliki keunikannya sendiri. Jika kita perhatikan maka masjid yang satu ini didominasi oleh warna kuning dan hijau. Selain itu pembangunan masjid ini sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 40 tahun. Konon katanya menurut masyarakat sekitar pembangunan masjid ini tidak menggunakan semen atau sejenisnya untuk melekatkan batu batanya.

Namun, masyarakat percaya bahwa untuk melekatkan batu batanya menggunakan putih telur. Sedangkan warna kuning dari masjid ini dipercaya berasal dari kuning telur, mengenai kebenaran dari cerita itu juga belum tahu. Tapi itu adalah cerita yang dipercayai oleh masyarakat. Terlepas dari itu semua, masjid yang satu ini memang memiliki keindahan dan keunikan yang sangat cantik dan menarik. Jika kita datang ke Bintan, maka sebaiknya jangan melupakan masjid ini sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup menarik.

2. Bintan Mangrove
Destinasi tempat wisata di Pulau Bintan selanjutnya adalah sebuah wisata yang mengharuskan kita untuk berpetualang. Lokasi wisata Bintan Mangrove merupakan salah satu dari beberapa hutan mangrove di Indonesia yang dijadikan sebagai kawasan wisata. Sebagai salah satu tempat ekowisata di Indonesia keberadaan bintan mangrove ini memang cukup menarik. Jika kita mengunjungi lokasi ini maka kita akan dijelaskan mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan mangrove.

Selain bisa menikmati keindahan alamnya yang mempesona maka kita juga bisa belajar mengenai manfaat dan fungsi dari mangrove itu sendiri. Hutan mangrove yang ada di Bintan sendiri bisa dikatakan merupakan salah satu hutan mangrove yang cukup padat dan lebat. Ekosistem mangrove yang ada di kawasan ini masih dijaga dengan baik oleh pengelola kawasan wisata tersebut. Pengunjung yang datang ke kawasan ini biasanya akan di ajak untuk berkeliling menyusuri sungai yang telah penuh oleh mangrove.

Jika beruntung maka kita akan dapat menemukan berbagai jenis satwa yang hidup dan menjadikan kawasan mangrove ini sebagai tempat hidup mereka. Bintan Mangrove ini sendiri dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu zona air tawar, air laut, dan air payau. Ketiga zona tersebut memiliki keunikannya sendiri-sendiri yang pastinya akan dapat memuaskan kita nantinya.