breaking news New

Tradisional Tapi Ga Basi! Ini Dia Kuliner Khas Bantaeng Sulawesi

Jika kamu sedang berkunjung atau berwisata ke Sulawesi Selatan, sepertinya kamu perlu mengunjungi Kabupaten Bantaeng. Tidak hanya memiliki tempat wisata yang menarik, Bantaeng juga menyediakan begitu banyak kuliner yang menarik dan sangat lezat.

Beberapa kuliner terlihat sangat sederhana dan tradisional yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, namun cita rasa makanan makanan ini ga pernah basi, ga kalah sama rasa rasa makanan jaman sekarang.

Mau tau apa saja kuliner khas bantaeng? Berikut ini rekomendasi 3 kuliner khas Bantaeng yang ga boleh kamu lewatkan.

1. Jagung Marning

Camilan ini sangat populer di Bantaeng. Tidak hanya berkualitas, makanan ini juga bisa dinikmati oleh setiap kalangan karena lezat dan menarik.

Jagung Marning terbuat dari jagung berkualitas sebagai bahan utamanya. Kemudian ditambahkan dengan beberapa bahan dasar seperti kapur sirih, garam, minyak goreng, dan air.

Makanan ini juga membutuhkan bumbu halus yang dibuat dari bawang merah, bawang putih, ebi, merica, garam, dan jahe. Jagung Marning bisa kamu nikmati langsung atau dijadikan oleh oleh untuk orang orang tersayang, karena memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Camilan ini tersedia dalam berbagai macam varian seperti asin, pedas, manis, dan original. Varian ini bisa kamu pilih sendiri sesuai keinginanmu.

2. Keripik Talas

Meski talas terkenal menjadi makanan khas Bogor, namun Bantaeng juga dikenal sebagai lokasi pengembangan beberapa jenis talas. Oleh sebab itu, makanan ini tercipta sebagai makanan khas Bantaeng yang juga dicari banyak pengunjung, baik warga lokal maupun wisatawan.

Keripik talas adalah makanan ringan yang bisa kamu jadikan oleh oleh atau dibawa untuk camilan sendiri. Memiliki rasa yang gurih dan bertekstur renyak, makanan ini sangat disukai oleh semua kalangan dan usia.

Makanan ini bisa kamu temukan di toko oleh oleh atau toko kelontong kalinnya di Bantaeng. Camilan ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan bahan bahan yang mudah ditemukan seperti garam, air, kunyit, minyak goreng, bawang putih, dan siri.

3. Kue Mangkok

Makanan khas Bantaeng ini sangat populer tidak hanya di Bantaeng tapi seluruh Indonesia. Bahkan kamu akan dengan mudah menemukannya di daerah tempat tinggalmu meski kamu berada di Jabodetabek.

Camilan tradisional ini juga sangat digemari wisatawan dalam negeri ataupun mancangeara. Kue mangkok terkenal legendaris dan sudah ada dari ratusan tahun lalu. Namun cita rasa yang diciptakan tidak pernah bisa dikalahkan oleh makanan makanan lain, termasuk makanan makanan zaman sekarang.

Terbuat dari tepung beras, tepung teriku, gula, tapai, dan pengembang kue, makanan ini juga kemudian diberikan pewarna makanan yang kemudian menciptakan tampilan menarik dan sangat variatif. Harga yang ditawarkan juga sangat murah hanya sekitar Rp 1.000 saja per bijinya.


Itulah 3 makanan khas Bantaeng yang mungkin bisa kamu beli langsung saat berwisata kesana atau bisa juga kamu buat sendiri di rumah. Selamat mencoba!