breaking news New

Sejarah Salah Satu Suku Berpengaruh Di Seluruh Dunia, Suku Apache! Apache adalah suku yang sudah pas

Apache adalah suku yang sudah pasti semua orang ketahui, nama itu adalah salah satu yang paling menggugah dari semua suku Indian, dengan sejarah dan dipopulerkan dalam buku dan film. Namun, nama Apache adalah nama generik, berlaku untuk beberapa suku yang memiliki sejarah yang sama—namun unik. Apache termasuk kelompok yang telah dikenal di berbagai waktu sebagai Apachu, Lipan, Mescalero, Faraones, Gilenos, Natagee, Querechos, Tontos, Ypandi, dan Yutaglen-ne.
Banyak suku yang diakui secara federal di Amerika Serikat saat ini memiliki nama yang diberikan kepada mereka oleh orang Eropa atau oleh kelompok India lainnya pada masa awal sejarah. Dalam beberapa kasus, orang Spanyol atau orang Eropa lainnya memberi nama berdasarkan penampilan fisik, seperti gaya rambut, atau aspek budaya kelompok tersebut. Dalam kasus lain, nama depan yang diberikan kepada penduduk asli didasarkan pada suatu tempat. Misalnya, Querecho adalah nama yang diberikan kepada penduduk asli di dataran Selatan oleh orang orang yang tinggal di Pecos Pueblo yang memiliki hubungan perdagangan yang dekat dengan kelompok Apache itu.
Istilah Apache berasal dari tahun 1601 ketika Onate menggunakan istilah Apache untuk merujuk pada orang-orang yang menduduki Dataran selatan. Lalu nama itu kemudian diubah oleh orang Spanyol menjadi "Apache", tetapi nama itu tidak digunakan secara universal sampai abad ke sembilan belas. Sebelum waktu itu, baik mereka maupun orang lain menggunakan nama yang berbeda untuk berbagai kelompok mereka.
Manuel Merino pada tahun 1804 menulis. Sejumlah suku Apache berakar di Texas, tetapi selama periode pra sejarah mereka tinggal di Dataran Utara dan Kanada. Saat mereka bergerak ke selatan, mereka tidak menetap di Dataran Tinggi dan Canyonlands, melainkan di dalam dan sekitar Dataran Selatan Texas, Oklahoma, dan New Mexico. Sementara para sarjana memperdebatkan rute dan waktu migrasi mereka ke selatan, tampaknya ada bukti yang cukup jelas bahwa Querechos dan mungkin Teyas yang ditemui Coronado dalam perjalanannya melintasi Dataran Selatan pada tahun 1541 adalah Apache.