breaking news New

6 Fakta menarik TELUR AYAM yang perlu diketahui

Telur Ayam Negeri Telur Ayam Negeri

Telur ayam merupakan sumber protein hewani yang paling mahal dan sangat mudah ditemukan di supermarket dan pasar tradisional.

Oleh karena itu, telur ayam lokal sangat populer sebagai makanan sehari-hari, sebagai lauk atau diolah dan dicampur dengan makanan lain.

Telur ayam dapat dengan mudah digunakan dalam berbagai masakan. Kelebihan lainnya adalah ayam tidak hanya enak, tetapi kaya akan protein dan nutrisi.


Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang telur ayam, berikut beberapa fakta unik dan menarik yang harus Anda ketahui tentang telur ayam.

1. Kesegaran telur dapat ditentukan dengan menyimpannya di dalam air

Fakta menarik pertama yang dapat Anda ketahui apakah telur itu segar atau tua adalah dengan cara yang sederhana.

Caranya sederhana: isi panci besar dengan banyak air dan masukkan ayam ke dalamnya.


Telur akan tetap dingin saat tenggelam ke dasar panci. Tetapi jika terbang, telurnya tidak lagi segar.

2. Warna protein menunjukkan telur segar.

Hal keren lainnya adalah Anda dapat mengetahui apakah telur itu segar atau tidak dari warna kuningnya.

Jika memiliki awan putih, telur itu segar. Sebaliknya, telur berwarna putih cerah menunjukkan bahwa telur tersebut sudah sangat tua.


3. Semakin tua usia telurnya, semakin besar telurnya.

Fakta selanjutnya tentang telur adalah selain dari warna cangkang, putih dan putih, telur terlihat berbeda. Ada yang kecil dan ada yang besar.


Baca: 4 Perbedaan yang Harus Anda Ketahui Tentang Telur Ayam dan Ayam Rumahan


Faktor lain yang mempengaruhi ternyata adalah umur ayam. Semakin tua ayam, semakin banyak telur yang akan bertelur, yang juga akan berkurang.

4 Warna telur dipengaruhi oleh pemberian makan burung

Jika Anda sudah memperhatikan bahwa telur ayam berbeda. Warnanya akan bervariasi tergantung pada pakan yang dimakan ayam betina, terutama yang kaya akan karotenoid.

Karotenoid adalah pigmen yang memberi warna kuning pada telur. Terkadang ayam diberi makan makanan yang kaya karotenoid, seperti marigold atau paprika.

5. Telur bertahan lebih lama jika disimpan di lemari es

Saat Anda membeli telur, Anda biasanya bisa memasukkannya ke dalam lemari es untuk penyimpanan lebih lama. Karena pertama mereka mencuci, mencuci dan membersihkan telur.

Desinfeksi dilakukan untuk menghindari kontaminasi oleh bakteri Salmonella penyebab keracunan makanan. Tetapi menghilangkan bakteri merusak kulit telur atau lapisan pelindung.

Hal ini memudahkan bakteri untuk menembus cangkang dan menginfeksi telur. Bakteri pembusuk telur.

Menyimpannya di lemari es mencegah bakteri tumbuh.

6. Warna telur dapat menunjukkan perbedaan nutrisi.

Warna telur dapat menunjukkan perbedaan nutrisi. Ayam kampung memakan berbagai makanan yang berwarna-warni dan bergizi, dari serangga hingga rumput, dan telur dari spesies ini seringkali berwarna-warni.

Nilai beberapa mikronutrien seperti lutein dan beta-karoten dalam telur dapat meningkat 100 kali lipat jika diberi makan dalam diet seimbang.

Penelitian lain menunjukkan bahwa diet berkualitas tinggi pada ayam dengan mengkonsumsi rumput menghasilkan telur dengan lebih banyak asam lemak omega-3 dan menurunkan kolesterol.